Seorang Pebisnis Harus Menambah ILMU

LinkBisnis.com, Kesuksesan usaha bisnis mempunyai banyak faktor, bisa karena produknya yang memang dibutuhkan pasar, pola promosinya yang mampu menyedot peminat, SDM yang bergabung dalam perusahaan yang memang tangguh, pelanggan yang loyal , Link Binis dan banyak faktor lainnya yang mendukung.

Begitu juga dengan meruginya bisnis, bisa disebabkan beragam faktor, bisa karena pelanggan yang lari ke pesaing, produk sejenis yang tak kalah menarik, kebutuhan pelanggan akan produk yang Anda miliki mulai berkurang, atau faktor lainnya.

Yang jelas, bisnis bukan hanya modal uang. Modal yang paling penting adalah pengetahuan bagaimana bisnis berkembang dengan melakukan berbagai pembaharuan.

Dalam berbisnis, hampir setiap hari Anda bertemu dengan sesuatu yang baru, baik yang sulit maupun yang mudah. Ketika bertemu kemudahan tentu lebih menyenangkan. Ketika bertemu kesulitan atau melakukan kesalahan? Saatnya belajar lagi!

Semua usaha bisnis pasti pernah melakukan kesalahan, tapi bukan berarti berhenti berbisnis setelah melakukannya. Ada masalah pasti ada solusi. Kunci yang harus Anda pegang adalah jangan pernah berhenti menyempurnakan bisnis Anda. Caranya?

Carilah training yang tepat untuk mengupgrade ilmu bisnis Anda, dimana Anda akan mendapatkan banyak PEMBELAJARAN.

Upgrade ilmu dalam berbisnis sangatlah penting sebagai modal utama untuk menjalankan sekaligus mengembangkan usaha.

Pebisnis jangan pernah merasa puas, harus selalu haus akan ilmu pengetahuan karena permasalahan bisnis selalu berkembang seiring zaman.

Anda pasti tahu, dalam berbisnis, modal uang tanpa pengetahuan bisa tergerus.  Tapi modal pengetahuan tanpa uang bisa jalan karena pengetahuan memandu menemukan solusi-solusi bisnis.

Ya, seorang pebisnis tidak bisa hanya sekadar pusing memikirkan masalah TAPI harus terus melaju dengan mencari SOLUSI.

Salah satu cara mencari SOLUSI adalah (lagi-lagi) dengan MENAMBAH ILMU sehingga bisa menambah langkah untuk ACTION.  Kalau Anda hanya berkutat pada MASALAH pasti akan tambah pusing.  Tapi, jika Anda terus mencari solusi maka akan semakin RINGAN dalam MELANGKAH.

Begitu banyaknya masalah dalam berbisnis, namun jangan pernah takut! Hadapi saja! Masalah tidak akan selesai selama manusia itu hidup bukan?  Masalah akan selalu datang silih berganti dari waktu ke waktu.  Yang paling penting adalah bagaimana melihat masalah dalam sudut pandang yang berbeda.

Selain itu berbisnis itu tidak sekedar berbisnis.  Tantangan bagi Anda adalah menjadikan produk yang Anda jual seperti gula manis yang dikerubuti semut.  Semua orang datang, mencari dan membeli.  Untuk mencapai tahap itu Anda bisa membuat Link Bisnis dan tidak boleh berhenti berinovasi dan belajar ilmu baru.

Dari mana Anda bisa menambah ilmu bisnis?  Banyak! Bisa dari buku bisnis, e-book seputar bisnis, tips bisnis di artikel online, mengikuti kelas bisnis, menghadiri seminar bisnis atau dengan memiliki seorang mentor bisnis.

Memiliki seorang mentor?  Pentingkah?  Pebisnis itu butuh ilmu dari pebisnis senior. Beruntungnya dengan Link Bisnis, teknologi digital di era sekarang memudahkan pebisnis untuk bertemu dengan para pebisnis senior dan belajar bisnis dari mereka tanpa harus meninggalkan rumah.

Fungsi pebisnis senior sebagai mentor bisnis tidak hanya memberi ilmu seputar bisnis.  Tapi memberikan pengarahan agar usaha Anda berkembang pesat, omzetnya terus meningkat.  Selain itu hadirnya mentor juga memberikan suntikan semangat Anda untuk terus belajar dan action mengembangkan bisnis.

  • Pertama, belajar bisnis membuat Anda bisa mendapatkan ilmu-ilmu baru yang sangat beragam dari orang-orang yang telah lebih dulu terjun ke dunia bisnis.  Anda akan diajarkan mulai cara mencari tim yang tepat, membuat strategi marketing yang terkini, mencari produk yang tepat, mengatur keuangan bisnis, dan masih banyak lagi
  • Kedua, Semua pebisnis butuh mentor untuk percepatan bisnisnya. Anda bisa melakukan konsultasi dengan mentor Anda kapan saja.  Anda bisa menceritakan rintangan yang tengah Anda hadapi dan mendapatkan berjibun tips praktis dari para mentor.
  • Ketiga, Sesekali para mentor juga akan meminta pebisnis lain yang dimentorinya untuk berbagi satu sama lain dalam satu grup bisnis.  Ya, dengan belajar bisnis Anda akan mendapatkan teman baru yang seperjuangan. Anda akan merasa tidak seorang diri berjuang membangun usaha, mengalami kegagalan dan akhirnya berhasil.

Contohnya membuat manajemen waktu yang efektif dan efisien, menentukan target market yang tepat, membantu cara membentuk tim penjualan yang handal dan banyak lagi.  Tidak jarang, para pebisnis senior ini mengenalkan Anda kepada pebisnis lain yang sekaligus dapat menambah daftar link bisnis.  Pastinya, link dan networking adalah hal penting dalam bisnis.

Mencoba, mencoba, belajar, belajar, action dan action adalah sesuatu yang wajib dalam bisnis.  Terapkan banyak pembaharuan dan inovasi dalam bisnis Anda. Mengenai berhasil atau tidak bukanlah masalah.  Hargai proses yang telah Anda lakukan mencapai tujuan tersebut. Anda pasti tahu, dalam mengambil langkah apapun dalam bisnis yang penting adalah sudah mencoba.

Share This: